INFORMATION

Definisi

  1.  PT. XENTRA PLATFORM DIGITAL CARGO adalah perusahaan yang berbadan hukum yang bergerak di bidang jasa pengiriman yang selanjutnya disebut sebagai XPDC.
  2. JASA PENGIRIMAN adalah layanan yang disediakan oleh XPDC mencakup penjemputan dan pengantaran BARANG KIRIMAN dari satu tempat ke tempat lain.
  3. NOMOR PELACAKAN adalah nomor JASA PENGIRIMAN yang diterbitkan setelah pemesanan pengiriman dilakukan yang berisi informasi BARANG KIRIMAN
  4. BARANG KIRIMAN adalah semua bentuk barang / paket, dokumen atau surat yang dikirim melalui XPDC.
  5. PELANGGAN adalah individu yang melakukan pemesanan dan pembayaran JASA PENGIRIMAN XPDC.
  6. PENGIRIM adalah individu yang memberikan BARANG KIRIMAN 7. PENERIMA adalah individu yang menerima BARANG KIRIMAN
  7. EXPEDITOR adalah individu yang merupakan bagian dari XPDC yang bertugas melakukan penjemputan dan penghantaran BARANG KIRIMAN
  8. BARANG TERLARANG adalah BARANG KIRIMAN yang tidak diperbolehkan untuk dikirim menurut peraturan XPDC sesuai dengan lampiran dan ketentuan hukum serta perundang-undangan yang berlaku.
  9. KEADAAN MEMAKSA (force majeure) adalah keadaan yang diakibatkan baik karena bencana alam, keadaan darurat, atau hal lain yang tidak terukur dan / atau diluar kemampuan manusia sehingga barang mengalami kerusakan, keterlambatan atau kehilangan BARANG KIRIMAN.
  10. BERAT AKTUAL adalah berat yang diperoleh dari hasil penimbangan dari alat timbang
  11. BERAT VOLUME adalah berat yang diperoleh dari pengukuran panjang, lebar, dan tinggi suatu barang dengan menggunakan rumus sebagai berikut :  Mode darat/laut (kg) = (panjang x lebar x tinggi)/4000  Mode Udara (kg) = (panjang x lebar x tinggi)/6.000  Kubikasi (cbm) = (panjang x lebar x tinggi)/1.000.000

Syarat dan Ketentuan Pengiriman

  1. Semua harga dan peraturan dianggap sah dan disepakati oleh PELANGGAN, apabila PELANGGAN sudah menyetujui syarat dan ketentuan pengiriman setelah melakukan pemesanan JASA PENGIRIMAN.
  2. PELANGGAN wajib memberitahukan dengan jelas dan benar isi dan nilai BARANG KIRIMAN. Keterangan yang tidak benar mengenai hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab PELANGGAN. XPDC tidak bertanggung jawab atas kerugian/kejadian yang timbul akibat kesalahan informasi yang diberikan. 
  3. PENGIRIM wajib mengemas BARANG KIRIMAN nya dengan baik untuk melindungi isi BARANG KIRIMAN nya selama pengangkutan. Apabila timbul suatu kerugian yang disebabkan karena pengemasan yang kurang sempurna, maka kerugian tersebut bukan menjadi tanggung jawab XPDC. 
  4. Biaya JASA PENGIRIMAN XPDC dihitung menggunakan dengan metode perhitungan yang mana akan digunakan salah satu yang terbesar antara berat aktual atau berat dimensi dan setiap BARANG KIRIMAN dapat ditimbang dan diukur ulang kembali oleh XPDC. Apabila terdapat penambahan berat yang diakibatkan oleh adanya proses pengemasan tambahan yang dilakukan oleh XPDC, maka yang digunakan sebagai acuan dalam penagihan adalah berat setelah dikemas ulang. 
  5. PELANGGAN bertanggung jawab untuk melindungi BARANG KIRIMAN dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku. Ganti rugi untuk barang yang diasuransikan adalah sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di XPDC. Apabila PELANGGAN tidak membeli asuransi, maka penggantian atas BARANG KIRIMAN yang hilang atau rusak, akan diberikan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  6. Apabila tidak ada ada keluhan dari PENERIMA pada saat BARANG KIRIMAN diserahkan, maka BARANG KIRIMAN dianggap telah diterima dengan baik dan benar. 
  7. XPDC berhak namun tidak wajib untuk membuka dan memeriksa BARANG KIRIMAN disertai dokumentasi tanpa pemberitahuan ke PELANGGAN/PENGIRIM/PENERIMA terlebih dahulu dengan alasan keselamatan, keamanan atau alasan sesuai regulasi lainnya. 
  8. XPDC tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari keadaan di luar kendali atau Force Majeure termasuk kehilangan dan kerusakan atas ISI BARANG KIRIMAN baik dari segi jenis atau jumlah dan kerugian lainnya yang secara materi atau non-materi yang terkait dengan keterlambatan proses JASA PENGIRIMAN. 
  9. Dalam hal BARANG KIRIMAN hilang akibat dari kelalaian XPDC, PELANGGAN berhak mengajukan klaim paling lambat 3 (tiga) hari setelah XPDC menyatakan bahwa benar BARANG KIRIMAN tidak dapat ditemukan. Apabila PELANGGAN tidak mengajukan klaim atas kehilangan BARANG KIRIMAN dalam waktu yang sudah ditentukan, maka hak untuk mengajukan klaim dinyatakan tidak berlaku.
  10. Pengajuan klaim dilakukan oleh PELANGGAN dengan mengirimkan pernyataan tertulis dengan melampirkan dokumen pendukung sebagai syarat klaim berupa : a. ldentitas PELANGGAN yang masih berlaku. b. NOMOR PELACAKAN BARANG KIRIMAN. c. Detail isi BARANG KIRIMAN d. Foto Kemasan dan Foto isi BARANG KIRIMAN e. Apabila diasuransikan harus disertakan dengan Premi Asuransi Pengiriman Barang. Dan dikirim ke kantor pusat XPDC yang beralamat di : PT. XENTRA PLATFORM DIGITAL CARGO Ruko Duta Niaga 2 No. 8 Jalan Husein Sastranegara Kel. Jurumudi Kec. Benda Kota Tangerang Banten – Indonesia 15124 
  11. Selain perjanjian atau syarat dan ketentuan yang tertulis pada NOMOR PELACAKAN ini, XPDC tidak dapat dituntut dan dibebani dengan perjanjian atau dasar hukum lainnya kecuali dengan perjanjian tertulis yang disetujui oleh penanggung jawab XPDC yang berwenang.
  12. Pembatalan JASA PENGIRIMAN dibagi menjadi 2 (dua) : a. Pembatalan JASA PENGIRIMAN pada saat BARANG KIRIMAN dijemput, maka akan dikenakan biaya pembatalan (cancelation fee) minimum sebesar 30% (Tiga Puluh Persen) dari total biaya JASA PENGIRIMAN. b. Pembatalan JASA PENGIRIMAN yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan apabila BARANG KIRIMAN telah diproses di Service Centre. Dengan ini pihak PELANGGAN menyatakan bahwa dapat menerima dan menyetujui syarat-syarat dan ketentuan tersebut.
  13. Saat menyerahkan barang kepada XPDC, PELANGGAN dianggap telah membaca dan menyetujui semua syarat dan ketentuan pengiriman yang tertera pada NOMOR PELACAKAN ini tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, serta membebaskan XPDC dari segala tuntutan atau bentuk ganti rugi.

Jenis-jenis Barang Terlarang

  1. Barang Mudah Terbakar : flammable gas (gas yang mudah terbakar), nonflammable gas (gas tidak mudah terbakar), toxic gas (gas beracun), nontoxic gas (gas tanpa racun), Flammable liquid (cairan yang mudah terbakar), flammable solid (benda padat mudah terbakar), spontaniously combustible (benda yang mudah terbakar secara spontan), dangerous when wet (Benda yang berbahaya ketika basah)
  2. Barang Mudah Meledak : Explosives (benda atau bahan peledak)
  3. Alkohol : Minuman Mengandung Etil Akohol (MMEA)
  4. Senjata Api dan Senjata Tajam : Senjata runcing/tajam & Benda-benda tajam, Alat pemukul, Pistol, Senjata Api & Senjata
  5. Obat- obatan terlarang : Narkotika, psikotropika dan sebagainya yang terlarang.
  6. Limbah Berbahaya dan Beracun : Barang yang mudah rusak dan mencemari lingkungan.
  7. Barang berharga : seperti Uang, surat berharga, emas, perak, permata, perhiasan kecuali memiliki sertifikasi dari izin resmi dari lembaga terkait.
  8. Binatang hidup dan tanaman : kecuali yang memiliki izin resmi pengiriman hewan dan tanaman
  9. Barang yang mengandung Pornografi dan melanggar norma kesusilaan.
  10. Barang biologis yang mudah busuk dan menularkan penyakit.
  11. Jasad manusia sebagian atau utuh.
  12. Barang-barang lainnya yang melanggar peraturan perundang-undangan

Registration